Kamis, 15 Oktober 2009

Sosiolog Komunikasi

SOSIOLOGI KOMUNIKASI
September 2009
1. Pengertian Sosiologi :
a. Asal Kata : Sofie, bercocok tanam, yang berkembang menjadi “socios” dalam bahasa latin yang berarti teman atau kawan.
b. Menurut Para Ahli :
 Hasan Sadili : Ilmu Masyarakat atau ilmu kemasyarakatan yang mempelajari manusia sebagai anggota atau masyarakat.
 Fausek dan Waren ( Soekanto, 2003:19 ) : Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antar manusia, kelompok, dan masyarakat.
2. Pengertian Komunikasi
a. Asal Kata : Cominication, comunicatio, comunis yang berarti sama makna
b. Menurut Para Ahli :
 Garbner ( 1967 ) : Komunikasi sebagai sosial interaksi melalui pesan.
 Onong ( 292 ) : Komunikasi adalah Proses penyampaian pikiran, perasaan oleh seorang kepada orang lain.
3. Sosiologo Komunikasi
Menurut Soejono Soekanto ( 1992:421 ) Sosiologi Komunikasi merupakan kehususan sosiologi dalam mempelajari interaksi sosial yaitu suatu hubungan atau komunikasi yang menimbulkan proses saling mempengaruhi antara individu dengan kelompok, maupun antara kelompok.
Dalam komunikasi harus ada persiapan agar proses komunikasi berjalan lancar. Ketika pesan berakhir dan muncul informasi baru maka hukum feed back berlaku, komunikator dan komunikan akan berganti peran.

RANAH SOSIOLOGI KOMUNIKASI
1. Materil
a. Individu
b. Kelompok
c. Masyarakat
d. Dunia
2. Objek
Proses sosiologi dan komunikasi
a. Telematika ( Teknologi Komunikasi )
b. Efek Media ( isi media )
c. Perubahan Sosial
d. Masalah Sosial
e. Aspek Hukum dan Bisnis Hukum

PENGARUH MEDIA MASA
9 September 2009
Media massa adalah alat atau media yang digunakan dalam komunikasi massa.
A. Ciri-ciri Komunikasi massa :
1. Komunikator melembaga : Mewakili lembaga media massa ( Komunikator bertanggung jawab pada lembaga )
2. Pesan bersifat umum : Pesan disebarkan kesemua orang ( tidak tertuju pada satu orang )
3. Komunikan Heterogen : Bermacam macam latar belakang
4. Menimbulkan keserempakan : Semua komunikan dalam waktu yang sama mendapat pesan yang sama.
5. Objek tertunda
B. Media massa berdasarkan kekuatan mempengaruhi :
1. Surat Kabar
2. Radio
3. TV
4. Film
C. Efek Media Massa
1. Terencana
 Cepat
• Propaganda ( bersifat kognitif ),lebih terencana sebagai alat/teknik yang menghasilkan agenda setting.
• Respon Individu ( Hanya mengetahui )
• News Learning ( mengetahui info,kognisi )
• Kampanye ( cara )
• Framming ( Membingkai Paradigma )
• Agenda Setting ( Apa yang dianggap penting oleh khalayak, penting pula bagi media )
 Lambat
• Difusi Pembangunan
• Difusi Pemberitaan
• Difusi Inovasi
• Difusi Pengetahuan
2. Tak Terencana
 Cepat
• Reaksi Individu
• Reaksi Kelompok
• Kekerasan Media
 Lambat
• Kontrol Sosial
• Sosialization
• Event Of Come
• Konsep Realitas
• Penghambatan Budaya
Dalam menerima informasi, berlaku hukum ambivalensi ( Pengaruh positif dan negatif yang diterima subjek pada saat yang bersamaan ).
Tahapan Pengaruh Media Respon
a. Kognisi ( Pemberitahuan )
b. Afeksi ( Perasaan )
c. Konasi ( Cenderung Bertindak )
d. Behavior ( Tindakan )


PERUBAHAN SOSIAL dan KEBUDAYAAN
30 September 2009

Perubahan sosial adalah proses sosial yang dijalani oleh masyarakat serta semua unsur-unsur budaya dan sistem sosial, semua tingkatan kehidupan masyarakat meninggalkan pola kehidupan, budaya dan sistem sosial lama kemudian menyesuaikan diri atau menggunakan pola kehidupan, budaya dan sistem sosial baru.
ASPEK PERUBAHAN SOSIAL
a. Pola Pikir Masyarakat
b. Perubahan Prilaku ( Perubahan Sistem Sosial )
c. Perubahan Budaya Materi ( Perubahan artefak budaya untuk digunakan oleh masyarakat )
TAHAPAN TRANSISI PERUBAHAN BUDAYA MATERI
a. Primitif ( hidup secara trialis dan nomaden disesuaikan dengan alam )
b. Agro Cultural ( bercocok tanam, nomaden masih tetap digunakan )
c. Fase Tradisional ( Menjalani hidup dengan menetap )
d. Fase Transisi ( Kehidupan desa sudah maju, meskipun ada beberapa yang masih terisolir )
e. Fase Modern ( Peningkatan kualitas perubahan sosial, kehidupan masyarakat sudah metropolitan )
f. Fase Post Modern (Masyarakat modern secara finansial, pengetahuan relasi dan fase modern sudah terlampaui ).

BUDAYA MASSA
07 Oktober 2009

Blumer ( 1939 ) dan MC Quail ( 2004:14 )ada empat komponen dalam sosiologis yang mengandung arti massa.
1. Anngota masyarakat adalah orang dari posisi kelas sosial yang berbeda :
• Jenis Pekerjaan
• Budaya yang Bermacam-macam
• Tingkat Kekayaan yang Bermacam-macam
• Berasal dari Segala Lapisan
2. Massa terdiri dari individu-individu yang anonim
3. Biasanya secara fisik anggota masyarakat berpisah satu sama lain dan hanya terdapat sedikit interaksi atau penukaran pengalaman antar anggota massa tersebut.
4. Keorganisasian dari massa bersifat longgar dan tidak mampu untuk bertindak bersama atau secara kesatuan seperti hanya kerumunan.
Secara umum pengertian massa ditandai dengan :
a. Kurang memiliki kesadaran diri.
b. Kurang memiliki identitas diri
c. Tidak mampu bergerak serentak dan terorganisir untuk mencapai satu tujuan
d. Komposisinya selalu berubah
e. Tidak bertindak dengan dirinya sendiri tapi dikoordinir.
f. Biasanya berprilaku sama sesuai dengan yang mengkoordinir.
Budaya Massa dibentuk oleh :
a. Tuntutan Industri
b. Budaya massa cenderung “latah” menyerap atau meniru yang sedang naik “daun”.
Budaya massa dipengaruhi atau dibangun oleh :
a. Kesenangan
b. Menghancurkan budaya tradisional
c. Menimbulkan permasalahn ekonomi
d. Menetes dari atas.


IDENTIFIKASI MASALH MASALH KOMUNIKASI
14 Oktober 2009

Kelemahan Pada Arus Komunikasi
1. Arus Kebebasan
• Bebas dalam prakteknya menguntungkan merekayang mempunyai peralatan komunikasi yang lengkap.
• Di dunia internasional, negara yang kuat dan ditunjang dengan alat komunikasi yang canggih menguasai data informasi.
2. Arus Searah
• Arus informasi yang datang bersifat satu arah dari atas kebawah.
• Dari negara yang maju kenegara yang ada dibawahnya.
3. Arus biasanya vertikal bukan horizontal
• Yang paling baik biasanya timbul tukar menukar.
• Mengingat satu arah maka untuk terjadi adalah vertikal dari atas ke bawah.
4. Penguasaan pesan
• Timbulnya komersialisme dalam penguasaan pesan
Dominasi Dalam Isi Pesan
1. Distorsi Isi
Disebabkan oleh :
• Perekayasaan isi pesan.
• Kerja sama Penyesatan Pesan
2. Kebudayaan Asing
Mengingat informasi dikuasai oleh pemilik modal yang

Tidak ada komentar: