Minggu, 14 Juni 2009

sosiologi

The Question

1. Deskripsikan konsep-konsep dasar sosiologi dan metodenya?
2. Jelaskan secara singkat pengertian sosiologi dan ruang lingkupnya?
3. Mengapa manusia dikatakan makhluk unik dan tingkahlakunya menjadi kebudayaan?
4. Jelaskan secara singkat perkembangan sosiologi?
5. Apa kegunaan mempelajari sosiologi?


Answer

1. Konsep dasar
1. Sosiologi adalah ilmu sosial yang secara khusus mempelajari interaksi sosial .
2. Sosiologi bukan merupakan disiplin ilmu yanh normatif, melainkan kategoris.
3. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan murni bukan terapan
4. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang abstrak dan bukan konkret
5. Sosiologi bertujuan untuk menghasilkan pengertian-pengertian dan pola-pola umum.
Metode
1. metode Kualitatif.Metode ini mengutamakan bahan yang sukar diukur dengan angka-angka atau dengan ukuran-ukuran lain yang bersifat eksak walaupun bahan tersebut terdapat dengan nyata dalam masyarakat. Metode kualitatif, meliputi :
• A. metode historis
• Metode yang mempergunakan analisis atas peristiwa-peristiwa dalam masa silam untuk merumuskan prinsip-prinsip umum.
• B. metode komparatif
Metode yang mementingkan perbandingan antara bermacam-macam masyarakat beserta bidang-bidangnya untuk mengetahui perbedaan, persamaan, dan sebab-sebabnya.
C. metode kombinasi historis komparatif
Metode yang menggunakan analisis secara historis dan komparatif.
• 2. metode kuantitatif. Metode ini mengutamakan bahan-bahan keterangan dengan angka-angka sehingga gejala-gejala yang diteliti dapat diukur menggunakan skala, indeks, tabel dan formula yang mempergunakan ilmu pasti dan matematika. Metode yang termasuk dalam metode kuantitatif adalah metode statisitk yang bertujuan menelaah gejala-gejala sosial secara matematis ( teknil sociometry ).
2. Secara Etimologis, istilah sosiologis berasal dari bahasa latin, yaitu socius dan logos. Socius berarti teman atau kawan. Logos artinya kata atau berbicara.Ilmu pengetahuan yang membahas dan mempelajari kehidupan manusia dalam masyarakat
Ruang lingkup sosiologi:
1. Indididu
2. Struktur Informal
3. Struktur formal
4. Lembaga Sosial Formal
5. Informal Organisasi
6. Masyarakat
masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antarmanusia tersebut didalam masyarakat. Jadi pada dasarnya sosiologi mempelajari masyarakat dan perilaku sosial manusia dengan meneliti kelompok yang dibangunnya. Sosiologi mempelajari perilaku dan interaksi kelompok, menelusuri asal-usul pertumbuhannya serta menganalisis pengaruh kegiatan kelompok terhadap anggotannya
3. Manusia dikatakan makhluk unik karena selain manusia memiliki emosi dan ego untuk mencapai kemakmuran sendiri manusia juga tak pernah terlepas dari pengaruh orang lain.Manusia saling mempengaruhi untuk mempertahankan hidup mereka.
Manusia cenderung mengikuti tingkahlaku orang sebelum mereka.Padahal tingkahlaku orang sebelum mereka belum tentu benar.Karena diyakini tingkah laku sebelum mereka itu adalah benar maka mereka akan selalu mengikutinya bahkan anak cucu mereka akan mengikutinya sehingga tingkah laku itu membudaya dan menjadi kebudayaan.
4. Lahirnya sosiologi tercatat pada tahun 1842, takkala Auguste Comte menerbitkan buku berjudul Positive-Philosophy.Beberapa pandangan penting yang dikemukakan adalah “Hukum Manusia” atau “hukum tiga jenjang”. Menurut pandangan ini, sejarah akan melewati tiga jenjang yang mendaki.
Pertama : jenjang Teologi:
ada jenjang ini, manusia mencoba menjelaskan gejala disekitarnya dengan mengacu pada hal-hal yang bersifat adikodrati.
Kedua : jenjang Metafisika.pada jenjang ini, manusia mengacu pada kekuatan-kekuatan metafisik atau abstrak
Ketiga : jenjang positif
pada jenjang ini, penjelasan gejala alam ataupun sosial dilakukan dengan mengacu pada deskripsi ilmiah.Setengah abad setelah Herbert Spencer mengembangkan suatu penelitian masyarakat dalam bukunya berjudul principles of sociology, istilah sosiologi menjadi lebih populer. Berkat jasa Herbert Spencer pula, sosiologi akhirnya berkembang dengan pesat. Sosiologi berkembang dengan pesat pada abad ke-20, terutama di Perancis, Jerman, dan AS walaupun arah perkembangannya diketiga negara tersebut berbeda satu sama lain. Sosiologi kemudia menyebar ke berbagai benua dan negara-negara lain termasuk Indonesia.


5. Dapat melihat dengan jelas siapa diri kita, baik sebagai pribadi maupun anggota kelompok atau masyarakat.Mampu mengkaji tempat kita dalam masyarakat dan dapat melihat dunia atau budaya lain yang belum kita ketahui sebelumnya. Makin memahami norma, tradisi, keyakinan, dan nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat lain.Makin lebih tanggap, kritis dan rasional menghadapi gejala sosial masyarakat yang makin kompleks

Tidak ada komentar: